Batik Bali dan Motifnya

1/30/13


Motif Batik BaliSeperti yang kita tahu bali adalah central wisata yang saat ini paling terkenal di indonesia dan diminati oleh wisata asing maupun domestik karena keindahan alam dan budayanya. Di balik keindahannya yang eksotik ternyata bali mempunyai hal yang istimewa lainnya selain tempat wisata yang ada. Berawal dari seni memahat bali yang terkenal dengan keindahan ukirannya, ternyata di tuangkan juga kedalam kain, bukan lagi di pahat tetapi dilukis. Nah  Keistimewaan itu berupa batik  yang disinyalir  sebagai warisan budaya pulau dewata tersebut.
Meski sejarah kapan keberadaan batik di bali belum tercatat ketetapannya tapi di perkiraan keberadaan industri Batik di bali ada  sekitar tahun 1970 yang dimulai dari batik tetun dan di kembangkan dalam bentuk industri.
batik bali sendiri berdasarkan ragam motif batiknya berupa  ornament khas pulau tersebut  berupa hewan. Beberapa hewan yang di jadikan ornamennya adalah burung bangau, kura-kura, naga  dan rusa. Dari ornamen hewan – hewan tersebut kemudian di padukan juga dengan beberapa unsur batik yang ada di daerah lain yang membuat batik bali terlihat modern dan kontemporer. Tidak itu saja motif batik bali juga di padukan dengan negara lain, sehingga menghasilkan motif yang lebih kreatif. Ornamen tumbuhan juga sering digunakan dalam batik bali.
Dari segi kualitas batik bali juga tidak kalah dengan batik di daerah lainnya seperti batik pekalongan, solo, jogja dan lainnya.
Saat ini perkembangan Batik di bali pun mulai menanjak naik banyak para pengusaha batik yang ada di bali karena memang menguntungkan dari segi ekonominya, dewasa ini batik bali ternyata tidak hanya di minati oleh pecinta batik lokal dari manca pun kini banyak yag meminati. Ini merupakan peluang usaha yang segar yang dapat anda kelola di pulau bali.

No comments:

 

Most Reading