Batik Kalimantan dalam Sejarah dan Motifnya

10/6/12


Batik kalimantan- Sejarah awal muncul dan terciptanya batik kalimantan berdasarkan cerita hikayat adalah pada masa patih lambung mangkurat  yang melakukan tapa dan ketika tapa tersebut akan usai  karena dia bertapa menggunakan rakit maka sampailah ia di kota bagantung , tapi secara mendadak muncul buih  tepat dihadapannya dan bersamaan dengan munculnya buih tersebut muncul juga suara seorang wanita yang disebut oleh  warga sekitar sebagai putri junjung buih. Katanya dialah yang akan menjadi raja benua ini.
Akan tetapi kemunculan sang putri ke atas permukaan harus di barengi dengan beberap syarat yang dimintanya. Beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain : sebuah istana  batung, dan juga kain, kain tersebut bukan kain sembarangan akan tetapi menggunakan metode calap dan tenun. Pengerjaannya pun harus dilakukan oleh 40 putri  motif yang dibuatnya adalah motif wadi dan pada ringin.  Nah itulah awal munculnya  batik kalimantan dan motifnya.

Pada zaman dahulu kain kalimantan dipakai oleh kaum laki-laki sebagai selendang, sabuk dan ikat kepala juga dipakai oleh kaum hawa sebagai kemben dan  kerudung. Dalam upacara adatnya pun menggunakan kain ini seperti dalam penyembuhan orang yang sedang sakit .

motif batik Kalimantan tercipta dengan cara  teknik penjahitan dan ikatan dengan  komposisi pada warna serta efek yang timbulkanya,  juga dari jenis benang
Beberapa motif batik yang ada di kalimantan :

Kambang Tampuk Manggis
Daun Jaruju
Kangkung Kaombakan
Sisik Tanggiling
Kambang Tanjung
Sari Gading
Iris Pudak
Bayam Raja
Kulit Kayu
Naga Balimbur
Jajumputan
Turun Dayang
Kulit Kurikit
Ombak Sinapur Karang
Bintang Bahambur



No comments:

 

Most Reading