Sekilas Tentang Batik Madura

9/18/12


Batik madura- seperti yang kita tahu bahwa batik badura terkenal akan batik tulisnya, dengan kualitas yang tinggi inilah mengapa batik madura banyak di minati oleh konsumen lokal dan manca negara. Selain dari bentuk dan coraknya yang unik dan khas batik madura juga masih dengan pengolahan cara tradisional alias masih alami.
Batik sendiri di kenal di madura telah sejak lama dari beberapa sentra batik yang ada disana, dimana diantaranya yang terkenal adalah di pamekasan, bisa disebut disini sebagai pusatnya para pengrajin batik. Berbeda dengan kabupaten lainnya dimana kebanyakan pengusaha dan pengrajin batik berada di pamerkasan.
Kebanyakan atau sebagian orang mengenal batik madura dengan motif yang kuat serta bebas dan beberapa warna dominan, seperti kuning, merah dan hijau muda. Hanya segelintir orang saja yang mengetahui bahwa motif yang ada di madura telah lebih dari seribu motif. Dan semuanya terkenal di pasar lokal maupun manca. Memakai pakaian batik dan membuat batik telah membudaya di daerah madura, kebiasaan itu telah mereka lakukan sejak lama bahkan ketika batik belum dianggap di rana fashion, itu sebabnya batik madura tetap bertahan sampai sekarang.


Ada dua Dua motif Cirebon yang paling menonjol yaitu motif Singa Wadas serta Mega Mendung. Motif SingaWadas merupakan corak resmi dari kesultanan Cirebon berbentuk SingaBarong dari keraton Kasepuhan. Pada Motif yang satu ini bernuansa kental yaitu dengan warna coklat, hitam dan juga  krem. Sedangkan pada Motif Mega Mendung merupakan motif berbentuk sebuah awan yang bergumpal  Motif mega mendung  ini banyak  mendapat pengaruh dari keraton yang ada di Cirebon. Motif ini sendiri kaya warna merah, biru, violet,  serta keemasan.

Sebagai warga indonesia kita harus sadar bahwa batik madura merupakan aset bangsa yang perlu kita kembangkan dan budayakan. Jangan sampai warisan leluhur kita di klaim oleh negara lain. Jangan menunggu di klaim baru bertindak,,


No comments:

 

Most Reading