Kain Batik jenis dan macamnya

9/27/12


Ketika kita memilih batik selain dari pada jenis motif yang menjadi pilihan anda ternyata sering kali orang akan menilai juga dari segi bahan kain batiknya, selain jago bergaya anda juga harus jago memilih kain yang bagus, karena anda tidak mau kan setelah membeli batik anda akan  kecewa karena batik yang anda beli tidak sesuai dengan keinginan anda, nah berikut beberapa bahan kain yang sering digunakan dalam kain batik.

1.      Kain mori yang merupakan kain putih yang terbuat dari kapas yang biasanya sering di gunakan dalam kain batik. Nah untuk kain mori sendiri di bagi beberapa jenis :




a.       Kain primissima : merupakan kain mori yang berkualitas tinggi, memiliki struktur yang halus dan padat.
b.      Kain Prima : yaitu kain yang digunakan dalam batik dengan kualitas no. 2 sering digunakan untuk batik halus dan cap
c.       Mori biru : merupakan kain mori dengan struktur yang kasar
2.      Kain katun yang merupakan bahan kain yang sering digunakan untuk batik, kain katin sendiri dibagi manjadi beberapa tingkatan menurut kualitasnya dan fungsinya :

a.       Kain katun  yang sama seperti kain pada mori yaitu  primissima,prima,polisima
b.      Kain katun mesres yang merupakan kain untuk batik biasanya berasal dari pabrik tekstil
c.       Kain Katun Dobi adalah bahan kain katun yang dihasilkan dari percampuran antara bahan katun dan polyester,  kain ini mempunyai ciri khas memiliki motif serat.
d.      Kain Katun Santyo atau Juantyu yaitu kain dengan ciri khas dengan warna yang cerah dengan ketebalan menyerupai kain primis
e.       Kain paris merupakan kain dengan struktur yang lembut dan tipis tetapi kuat.
f.    Kain sutra merupakan kain yang dihasilkan dari serat kepompong ulat sutra inilah kain yang menduduki tingkat pertama dalam rana kain di dunia dari dulu hinga sekarang.

3 comments:

bahan kain said...

kalau mau belanja kain untuk batik bisa hubungi kami di bahankain.com

kain sutra said...

untuk doby sekarang kebanyakan menggunakan benang viscos nanti hasilnya menyerupai kain sutra

abdinaspunbond said...

Saat ini batik mulai booming lagi, kalo cari kain spunbond motif batik boleh mampir tempat kami

 

Most Reading