MOTIF BATIK PEKALONGAN

7/25/12


MOTIF Batik Pekalongan - Batik Pekalongan terkenal akan ciri khas batik pesisir karena memang  lokasi kota pekalongan itu. Pada dasarnya batik pesisir identik dengan segi motif dan warna yang unik. Batik pekalongan juga mampu bersaing di pasaran terbukti dengan meningkatnya peminat batik pekalongan. Motif dan corak batik pengalongan tidak lepas dari pengaruh luar karena memang masyarakat pekalongan sendiri mudah menerima kultur lain, sisi positifnya adalah mereka mampu menciptakan kreatifitas tentu saja di bidang perbatikan. Pada umumnya  motif yang ada di  pekalongan kebanyakan  dipengaruhi kultur  china dan  belanda sejak  zaman dahulu. Pada umumnya motif batik pekalongan tidaklah berbeda jauh dengan motif batik yogyakarta dan solo.
Contoh motif batik yang ada di Pekalongan



1.       Batik jlamprang memiliki tujuh kombinasi warna yang aktraktif
2.       Batik Jawa Hokoka merupakan  batik dengan motif dan warna mirip akan kimono Jepang
3.       Batik Mega Mendung melambangkan datangnya hujan yang di tunggu sebagai pembawa kesuburan serta     pemberi kehidupan.
4.       Motif batik pesisiran banyak dijumpai di daerah pesisir/pantai salah satunya ya pekalongan.

Di samping itu masih ada 10 motif batik yang telah di patenkan  berdasarkan data dari museum batik pekalongan dari beberapa motif batik yang di daftarkan, bagi anda pecinta batik dapat menambah koleksi batik pekalongan dengan berbagai motif yang bervariatif dan tentu saja bernilai seni tinggi.

No comments:

 

Most Reading