MACAM-MACAM BATIK

6/2/12

Batik tulis
batik tulis adalah dengan menggunakan kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan. Teknik pembuatan batik secara tulis tangan yaitu pada awalnya batik dibuat di atas bahan kain dengan yaitu warna putih yang terbuat dari sejenis kapas yang sering disebut kain mori. saat ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutera, poliester, rayon serta bahan sintetis . kemudian Motif batik dituangkan dengan cairan lilin dengan menggunakan  canting , atau menggunakan kuas digunakan untuk motif batik berukuran besar, kemudian  Kain yang telah dilukis dengan menggunakan lilin kemudian dicelupkan dengan warna sesuai yang diinginkan si pembuat , Pencelupan hanya  dilakukan bagi motif  dengan warna lebih tua . Setelah melewati  beberapa kali proses pewarnaan, kemudian  kain yang telah selesai dibatik dicelupkan ke dalam cairan bahan kimia untuk melarutkan lilin sehingga membentuk pola yang diiginkan.


Batik cap
adalah menggunakan kain kapas yang dihias dengan teksture serta corak batik menggunakan bentuk dengan cap  yang biasanya terbuat dari tembaga. didalam Proses pembuatan batik jenis yang satu  ini membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 2-3 hari. disamping itu  digunakan alat cap dan stempel yang telah bermotif batik. kemudian Stempel tersebut dicelupkan ke dalam lilin yang telah dipanaskan. kemudian satu langkah lagi yaitu tinggal di tekan dan selesailah sudah prosesnya. kemudian dikeringkan 


Batik lukis
adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih. Secara garis besarnya batik lukis biasanya di gunakan untuk pameran bagi para seniman, seperti yang kita tahu bahwa setiap pola pada motil batik memiliki arti sendiri, begitu juga dengan batik lukis sebuah gambaran dari sang senimannya.

No comments:

 

Most Reading