Corak batik

6/3/12


 

ladies and gentlemen yang saya tunggu silahturahminya, Munculnya Ragam corak batik dan warna pada Batik tidak lepas dari  pengaruh asing, dan  biasanya di setiap corak batik memiliki perlambangan dan arti tertentu. yang di bawah penduduk luar dalam rangka berdagang atau penjajahan masa belanda, nah berikut adalah corak batik di negeri indonesia tercinta kita ini :

    Corak Batik Kraton 

Dari judulnya aja pasti ketahuan kalo itu dari jawa kemunculanya sejak  berdirinya kerajaan Mataram Islam dan Sebagai kebanyakan raja Jawa yang biasanya menguasai seni, pemandangan ketika mereka bertapa dan keadaan lingkungan tempat tersebut memunculkan ide untuk menciptakan pola batik lereng atau parang karena memang pertapaannya dilakukan di lereng- lereng , sebagai ciri ageman ( pakaian ) Mataram. Oleh karena  penciptanya raja pendiri kerajaan Mataram, maka corak ini hanya digunakan di lingkungan kerajaan, Hamengku Buwono I pada tahun 1785 mencanangkan Motif larangan tersebut kepada Sultan. Pola batik larangan itu diantanya : Parang Rusak Barong, Semen Gedhe Sawat Gurdha, Parang Rusak Gendreh, Parang Klithik, Rujak Senthe, Semen Gedhe Sawat lar, Udan liris, juga batik dengan motif parangan yang setipe dengan parang rusak. Aneh –aneh aja ya namanya, untuk yang dari jawa seperti saya sedikit faham tapi anda yang dari luar jawa di sarankan menggunakan kamus bahasa jawa untuk lebih jelasnya. Hehe kidding bray..

  Corak  Batik Sudagaran

Bukan dalam artian sudagar batik ya, karena Batik Sudagaran adalah motif larangan berasal dari kalangan keraton dimana jenis batik ini hasil gubahan dari pada seniman akan permintaan saudagar waktu itu. Para seniman dulu menggubah motif larangan yang dapat dipakai oleh kalangan masyarakat termasuk kita kita. Desain batik Sudagaran secara umum berasal dari proses pemilihan bentuk, stilisasi benda dan alam ataupun satwa, kombinasi warnanya yang kebanyakan warnanya adalah warna soga dan juga biru tua. Batik Sudagaran juga menampilkan kualitas dan proses pengerjaan yang rumit menyajikan ragam hias yang baru. Para seniman batik Sudagaran menggubah batik keraton dengan corak  yang rumit dan mengisinya dengan titik unik sehingga tercipta batik yang amat indah dari hasil perpaduan itu. Siapa tau suatu saat pembaca bisa meciptakan jenis batik trobosan baru dengan label batik bos,, hihihi
     
Corak Batik Cuwiri

 Nah batik jenis ini kenapa disebut Batik Cuwiri adalah karena salah satu jenis motif batik dengan menggunakan zat pewarna soga alam ( warna yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan ) kebanyakan batik ini digunakan untuk jenis kain semekan serta kemben, digunakan juga pada saat upacara jawa yaitu  mitoni ( 7 bulanan / acara orang hamil ). Pada jenis Motif batik ini kebanyakan menggunakan beberapa  unsur diantaranya meru dan gurda. Pada Cuwiri memiliki gambaran kecil-kecil yang  memungkinkan pemakainya pantas serta dihormati kalo istilah sekarang kira-kira gaul bin matching.

    Corak Batik Petani

Batik Petani adalah jenis batik di buat didalam selingan kegiatan ibu rumah tangga ketika mereka tidak ada kegiatan sawah alias santai, karena dari hasil waktu luang pengerjaanya pun seadanya dan kebanyakan untuk di pakai sendiri. Makanya Jenis batik inipun kasar dan kagok serta tidak halus hasilnya. Motif yang dihasilkan dari  turun temurun sesuai dari asal daerah dalam pengerjaanya pun terlihat tidak profesional dan biasanya pewarnaanya pun diikut sertakan pada saudagar alias nebeng, hihi...

Corak Batik Tambal

Sekilas dari namanya kita udah bisa menebak, batik tambal diartikan sebagai  tambal bermakna menambal dan memperbaiki sesuatu yang rusak, tapi bukan dalam artian tambal ban ya,, hehe, secara filosofisnya begini manusia harus selalu memperbaiki diri sendiri dalam rangka menuju kehidupan yang better ( lebih baik ),baik itu jasmani ataupun rohani yaitu didalam perjalanan hidupnya,. Dulu beredar kepercayaan ( mitos ), kalau kain batik bermotif tambal  bisa membantu menyembuhkan orang yang sakit, wah bisa jadi pengobatan alternatif biar ga usah kedokter nih,. Cukup hanya dengan diselimutin  dengan kain motif tambal aja.ckckckck, katanya sih mereka percaya kalau keadaan orang yang sakit hakekatnya ada sesuatu yang kurang jadi mesti di tambal. Ada ada aja ,,, nah semoga membantu !!!

Corak Batik Sida Mukti

Secara garis gede-nya Batik Sida Mukti adalah motif batik yang kebanyakan menggunakan bahan yang terbuat dari zat pewarna soga alam (pewarna alami sob..) nah jenis batik ini biasanya dipakai dalam upacara sakral yaitu acara kawin, hihihi jadi pingin. Kalau dilihat dari namanya kalo motif ini mengandung makna sida dalam bahasa jawa di artikan jadi, terlaksana, tercapai. Makanya, corak dan motif yang berawalan “sida” tertanam harapan bisa tercapainya suatu harapan. Nah  batik aliran sida mukti sendiri mengandung pengharapan untuk bisa bahagia lahir dan batin,, wah dalem juga ya,, ga hanya puisi aja sob yang memendam arti dalam ternyata batik juga begitu hanya dengan ditinjau dari corak atau motifya.

Corak Batik Sekar Jagad

Motif Batik Sekar Jagad merupakan produk motif batik khas Indonesia ( made in indonesialah bahasa sekarang ). Pada batik jenis ini memendam arti keindahan dan keelokan serta kecantikan, pokoknya yang identik dengan kaum hawa, dan kali ini saya berbeda pendapat dengan wikipedia kalo mengartikannya, dalam bahasa jawa yang di maksud sekar ( dalam arti bunga ) sedang jagad ( dalam arti jagad raya / dunia ) , pada dasarnya motif yang ada di batik ini menggmbarkan isi dari seluruh dunia, begitu gan,,bisa jadi seniman batik dulu pernah bertemu dan ngobrol sama napoleon .. hihi makanya tercipta batik ini...kidding.
   

Corak Batik Pringgondani

Nah bagi anda yang pecinta wayang mungkin akan langsung tahu maksud dari nama diatas, (ya biasanya dari gol. Orang tua kalau anak muda sekarang kurang berminat kayaknya, katanya sih ndak gaul coy,,, hihi) lanjut,  kata Pringgondani sebuah  nama tempat dimana kesatriya Gatotkaca putera Werkudara bersemayam.( penulis sendiri bingung dimana itu,,hehe) kebanyakan Motif batik ini ditampilkan dalam pewarnaan yang gelap seperti biru indigo atau biru nila serta soga-coklat, dan juga di dominasi dengan motif sulur-suluran kecil (Garis berukir ) yang diselingi dengan gambar naga. Jadi biar tampak kayak ksatria seperti diatas harus pakai batik ini sob,, paling ditanya gini,, mau kondangan kemana sob,, hihihi

Corak Batik Kawung

Batik dengan Motif Kawung memiliki pola dengan ciri buah Kawung ( kelapa yang masih kecil dan sejenisnya ) dan dengan penataan yang geometris ( tersusun ). Adapula yang menafsirkan dengan bentuk daun ( tergantung interpretasi pengamat corak batik sih..). Ada juga motif bunga lotus sebuah penggambaran dari panjang umur dan sesuatu yang suci. Motif kawung di beri nama sesuai dengan besar atau kecil corak pada batik tersebut. contonya : Kawung Picis dimanakan kawung picis karena motif yang di bentuk adalah bulatan-bulan kecil. Picis merupakan satuan mata uang yang bernilai sepuluh senyang ( kalo sekarang mungkin ukuranya sebesar 25 rupiah ,sekarang sudah jarang ditemukan ya begitu  kira 2 sih,,) . berbeda dengan corak Kawung Bribil bentuknya lebih gede alias besar karena bentuk uangnya pun besar. Ada juga kawung sen bentuknya lonjong menyerupai uang sen,, itulah sekilas batik yang terinspirasi oleh mata uang yang beredar zaman dahulu,,( inspirasi ada di mana-mana silakan pembaca menginspirasi sesuatu dengan benda yang ada si sekitar kita,,)

Corak Batik Sida Luhur

Kita kaji saja dari namanya aja,, batik sida luhur berasal dari 2 kata yaitu sida dan luhur, sida berarti jadi atau terlaksana sedangakan luhur bisa diartikan atas/ tinggi jadi kalau  2 kata tersebut digabungkan memiliki makna tercapainya cita2 yang tinggi, itulah makna yang terkandung dari batik jenis sida luhur. Karena memang motif batik pada umumnya mempunyai suatu makna yang terkandung didalamnya. Walaupun biasanya hanya penciptalah yang mengetahui makna sebenarnya dan yang lainnya hanya bisa menggunakan metode kira-kira saja dari hasil seni tersebut. ( biasanya sih,,)

Corak Batik Sida Asih

Kebanyakan nama pada batik dapat di interpretasikan ( tafsir ) dari segi namanya saja walaupun tidak itu terlepas dari unsur motif yang menjadi coraknya. Batik sida asih secara garis gede-nya  mempunyai makna yang terkandung didalamnya yaitu sebuah penggambaran akan terlaksanya suatu sikap saling sayang dan cinta kepada sesamanya, ternyata ada sebuah pelajaran dari sebuah corak batik bahwa kita harus menjunjung yang namanya sikap silih asih, silih asa, sili asuh, itu dari bahasa sundanya. Tentu saja untuk tercapainya keadaan yang gemah ripah lawjih nawi... (5af,, keluar dari pembahasan,, hihii,,,,)

Corak Batik Semen Rama

Makna yang terkandung dari corak batik semen rama adalah sebuah penggambaran dari kehidupan yang gemah ripah lawjih nawi ( kehidupan yang makmur dan peace hihi..) dalam pembuatannya pun menggunakan beberapa tema diantaranya tema darat, laut, udara seperti tumbuh- tumbuhan, katak, burung, atau mendung.  Konon penggambaran ini diambil dari paham Triloka atau Tribawana, ( ajaran hindu sob..) bahwasanya mereka percaya kalau kehidupan kita ini di bagi menjadi 3 bagian yaitu manusia,dewa, dan para suci. Bahwa kehidupan selalu di warnai oleh 2 hal yaitu sisi baik dan jahat,, mungkin pembaca pernah mendengar kisah tentang ramayana nah seperti itulah kira kira alurnya,, ( kira-kira mulu ya,, hihi ) beberapa dari jenis corak ini ada yang menggambarkan harus seperti apakah sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin,
Sekian dulu ya,,,


semoga membantu menambah wawasan kita semua terutama penulis,, terima kasih !!!

No comments:

 

Most Reading